-->> Selamat Datang Di Blog Saya Semoga Bermanfaat.....

Maret 06, 2008

Topologi Jaringan

Topologi Bus atau Daisy Chain

Topologi ini memiliki karakteristik sebagai berikut:
  1. merupakan satu kabel yang kedua ujung nya ditutup, dimana sepanjang kabel terdapat node-node umum digunakan karena sederhana dalam instalasi.
  2. signal melewati kabel dalam dua arah dan mungkin terjadi collision.
  3. problem terbesar pada saat kabel putus. Jika salah satu segmen kabel putus, maka seluruh jaringan akan terhenti.
Topologi Ring

Topologi ini mempuyai karakteristik sebagai berikut:
  1. lingkaran tertutup yang berisi node-node.
  2. sederhana dalam layout.
  3. signal mengalir dalam satu arah, sehingga dapat menghindarkan terjadinya collision (dua paket data bercampur), sehingga memungkinkan pergerakan data yang cepat dan collision detection yang lebih sederhana.
  4. problem sama dengan topologi bus.
  5. biasanya topologi ring tidak dibuat secara fisik melainkan direalisasikan dengan sebuah consentrator dan kelihatan seperti topologi star.
Topologi Mesh

MESH topologi dibangun dengan memasang link diantara atation-station. Sebuah ‘fully-connected mesh’ adalah sebauh jaringan dimana setiap terminal terhubung secara langsung ke semua terminal-terminal yang lain. Biasanya digunakan pada jaringan komputer kecil. Topologi ini secara teori memungkinkan akan tetapi tidak praktis dan biayanya cukup tinggi untuk di-implementasikan. Mesh topologi memiliki tingkat redundancy yang tinggi. Sehingga jika terdapat satu link yang rusak maka suatu station dapat mencari link yang lainnya.

Topologi TREE

Tree topologi dibangun oleh Bus network yang dihubungkan secra bersama-sama. Contoh : setiap gedung dalam suatu kampus memiliki Bus Network yang telh terpasang, maka setiap network dapat disambungkan secara bersama untuk membentuk sebuah tree teknologi yang bisa mengcover semua kampus. Karena tree topologi terdiri dari Bus topologi yang dihubungkan secra bersama maka tree topologi memiliki karakterisitik yang sama dengan Bus topologi.

1 komentar:

Asna mengatakan...

Assalamualaikum Wr. Wb.
Asna udah baca blog riki. Isinya bagus kok. Kamu bisa membuat blog kamu berguna bwt semua orang.
Dengan adanya sedkit pengetahuan tentang topologi ini, membwt blog kamu sedikit lebih bermutu.
Wassalamualaikum Wr. Wb

Template by : Riki Suprayitna